4 Cara Menghilangkan Henna Merah di Kulit dengan Cepat & Aman

Henna termasuk salah satu seni yang cukup digemari kaum perempuan. Sayangnya, masih banyak yang belum tahu cara menghilangkan henna merah di kulit. Padahal, kamu sebenarnya bisa menghilangkan henna dengan cepat dan tentu saja aman di kulit.

Penting untuk diingat, pilihlah cara menghilangkan henna yang paling ringan. Pasalnya, tinta henna akan hilang sendiri setelah 3 minggu. Selain itu, penting juga untuk mengenali kalau ada zat yang menyebabkan kulit alergi. Satu lagi, hindari pengelupasan yang berlebihan!

cara menghilangkan henna merah di kulit
cara menghilangkan henna merah di kulit

Henna adalah bagian dari budaya & tradisi tanah air. Umumnya, henna digunakan di acara-acara pernikahan seperti dalam adat Bugis, Betawi, Aceh, dll. Semakin populernya henna, hiasan kulit ini semakin sering dijumpai dalam acara-acara khusu lainnya. Tinta henna sendiri biasanya akan hilang dalam waktu 3 mingguan. Meski demikian, tinta henna yang memudar tentu tidak elok dilihat. Untuk menghilangkannya dengan cepat, kamu bisa ikuti tips-tips bawah ini.

Menghilangkan Henna dengan Air Hangat & Sabun

Salah satu cara menghilangkan henna adalah dengan cara merendam menggunakan air hangat & sabun antibakteri. Sambil merendam tangan di air hangat beberapa saat, gosoklah bagian yang berhias henna menggunakan sabun antibakteri & spons yang lembut secara pelan-pelan. Kamu bisa mengulangi car aini beberapa kali sehari agar henna lebih cepat hilang. Perlu diketahui, sabun antibakteri bisa membantu mengelupaskan lapisan kulit terluar. Jadi, cara ini sangat rekomended untuk menghilangkan henna baik di kuku maupun kulit tangan. Perlu diingat, jangan menggunakan pelembab setelahnya untuk menghindari kulit terasa kering.

Menghilangkan Henna dengan Berenang

Terdengar aneh, tapi begitulah faktanya. Air kolam renang biasanya mengandung klorin. Kandungan klorin inilah yang bisa membantu menghilangkan henna di kulit. Kamu cukup berenang selama 30 hingga 40 menitan & biarkan air klorin menghapus henna di kulitmu. Selain menghilangkan henna, berenang juga tentu saja membuatmu lebih bugar.

Menghilangkan Henna dengan Minyak Kelapa & Gula

Kamu juga bisa memakai minyak zaitun & garam untuk menggantikan minyak kelapa & gula. Caranya sama. Tapi harus diingat, pada beberapa orang yang memiliki kulit sensitive, henna dapat menyebabkan alergi lewat campuran berbagai zat tambahan seperti minyak zaitun. Jadi, uji dulu campuran tersebut ke kulit sedikit saja untuk melihat apa ada reaksi alergi atau tidak.

Pertama, campur gula sebanyak 3 hingga 4 sendok makan ke dalam mangkuk yang berisi minyak kelapa cair.

Setelah itu, oleskan campuran tersebut ke kulit yang berhias henna. Diamkan kurang lebih 20 menitan agar minyaknya meresap.

Kemudian, gosok kulit pelan-pelan dengan spons. Gula juga membantu pengelupasan kulit dan henna pun akan menghilang perlahan-lahan.

Menghilangkan Henna dengan Lemon & Bubuk Soda Kue

Untuk menghilangkan henna, kamu bisa menggunakan lemon & bubuk soda kue. Keduanya punya kualitas untuk menghilangkan noda, termasuk tinta henna. Jadi, henna di kulit atau kuku akan cepat hilang.

Pertama, oleskan campuran pasta ke kulit & biarkan meresap untuk beberapa saat.

Lalu, bilas menggunakan air hangat, kemudian ulangi keesokan harinya hingga henna menghilang.

Jangan lupa gunakan pelembab supaya kulit tidak kering.

Cara menghilangkan henna merah di kulit bisa dilakukan dengan beberapa cara & bahan. Henna bukan hiasan kulit permanen. Jadi, kamu bisa menghilangkannya. Agar kulit tidak terkelupas berlebihan, ada baiknya untuk konsulasi ke dokter kulit.

Recommended For You

About the Author: Rumin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *